You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Warga Rusun Pasar Jati Manfaatkan Layanan Restorasi dan Digitalisasi Arsip Keluarga
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Warga Rusun Pasar Jati Manfaatkan Layanan Restorasi dan Digitalisasi Arsip

Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Sudin Pusip) Jakarta Pusat menyelenggarakan layanan restorasi dan digitalisasi arsip bagi warga Rumah Rusun Pasar Jati di Jalan Jati Rawasari, RW 05, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Layanan ini digelar selama tiga hari mulai dari tanggal 15-17 November 2021.

Layanan ini gratis tanpa dipungut biaya

Pejabat Fungsional Arsiparis Sudin Pusip Jakarta Pusat, Safrino Okman mengatakan, layanan restorasi dan digitalisasi arsip keluarga ini sebelumnya sudah dilaksanakan di Rusun Baladewa Tanah Tinggi. Hari ini pihaknya melayani Rusun Pasar Jati yang terdiri dari dua RT yaitu RT 16 dan 15, RW 05 dengan jumlah sebanyak 180 KK, serta warga sekitar rusun.

"Tujuannya membantu warga mendigitalisasi arsip-arsipnya apabila ada bencana kebakaran, kebanjiran maupun hilang sehingga ada backup-nya. Layanan ini gratis tanpa dipungut biaya. Kita juga menyosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga arsip atau dokumen penting," ujar Safrino, Senin (15/11).

Sudin Pusip Jakpus Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Buku Digital

Menurutnya, warga terlihat sangat antusias. Adapun jenis arsip atau dokumen yang direstorasi bermacam-macam. Mulai dari ijazah, Kartu Keluarga, akta kelahiran, buku nikah, sertifikat tanah, KTP, SK Pangkat Jabatan, serta dokumen penting lainnya.

"Hasil digitalisasi arsip ini disimpan dalam bentuk CD (compact disc) yang diberikan langsung kepada warga dan kita kirim juga melalui email atau nomor telepon masing-masing. Kami harapkan masyarakat mempunyai kesadaran untuk menjaga semua arsip yang dimiliki," katanya.

Dalam kesempatan itu, Anton Kaluge (64), warga Rusun Pasar Jati Rawasari mengaku sangat terbantu dengan layanan restorasi dan digitalisasi arsip. Ia datang ke layanan tersebut untuk mengarsipkan ijazah, akte kelahiran, akte kematian, kartu keluarga, kartu nikah, surat tanah, BPKB motor, serta SK pensiun.

"Jelas kami sangat terbantu. Dengan arsip digital ini kita semakin merasa aman, tentram, dan mudah serta dokumen kita juga disimpan di dalam CD dan google drive sehingga tidak berantakan. Sewaktu-waktu pun bisa kita lihat langsung melalui handphone," tandas Anton.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1109 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye894 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye811 personAldi Geri Lumban Tobing